Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Selasa, 02 Desember 2014

Ulkus Kornea Marginal/Perifer

Ulkus perifer atau marginal merupakan peradangan kornea bagian perifer berbentuk khas yang bisaanya terdapat daerah jernih antara limbus kornea dengan tempat kelainannya. Sumbu memanjang daerah peradangan bisaanya sejajar dengan limbus kornea. Diduga dasar kelainannya ialah suatu reaksi hipersensitivitas terhadap eksotoksin Staphylococcus. Penyakit infeksi lokal dapat mengakibatkan keratitis kataral atau keratitis marginal. Keratitis marginal kataral bisaanya terdapat pada pasien setengah baya dengan adanya blefarokonjungtivitis1.
            Ulkus yang terdapat di bagian perifer kornea bisaanya terjadi akibat alergi, toksik, infeksi dan penyakit kolagen vaskular1.
            Ulkus marginal merupakan ulkus kornea yang didapatkan pada orang tua yang sering dihubungkan dengan reumatik dan debiltas. Hampir 50% kelainan ini berhubungan dengan infeksi Stapbhylococcus. Dapat juga terjadi bersama-sama dengan radang konjungtiva yang disebabkan oleh Moraxella, basil Koch Weeks, atau Proteus vulgaris. Pada beberapa keadaan dapat berhubungan dengan alergi makanan. Perjalanan penyakit dapat berubah-ubah, dapat sembuh cepat, dapat pula kambuh dalam waktu singkat. Pada kerokan dan biakan yang diambil dari ulkus bisaanya terdapat bakteri.
            Bisaanya bersifat rekuren, dengan kemungkinan terdapatnya Streptococcus pneumoniae, Haemophillus aegypty, Moraxella lacunata, dan Eschiricia.
            Infiltrat dan ulkus yang terlihat diduga merupakann timbunan kompleks antigen-antibodi. Secara histopatologik terlihat sebagai ulkus atau abses epitelial atau subepitelial.
            Konjungtivitis angular yang disebabkan Moraxella (diplobasil), menghasilkan bahan-bahan proteolitik yang mengakibatkan defek epitel.
            Penglihatan pasien dengan ulkus marginal akan menurun  disertai dengan rasa sakit, fotofobia, dan lakrimasi.
            Terdapat pada satu mata blefarospasme, injeksi konjungtiva, infiltrat atau ulkus yang memanjang, dan dangkal. Terdapat unilateral, dapat tunggal atau multipel, dan terdapat daerah yang jernih antara kelainan ini dengan limbus kornea. Dapat terbentuk neovaskularisasi dari arah limbus.
            Pengobatan ulkus marginal dengan antibiotik dan steroid lokal yang dapat diberikan setelah kemungkinan infeksi virus herpes simpleks disingkirkan. Pemberian steroid sebaiknya dalam waktu yang singkat disertai dengan pemberian vitamin B dan C dosis tinggi.



Lainnya: 
Ulkus Kornea Marginal/Perifer