Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Rabu, 07 Januari 2015

Mitos dan Fakta tentang Kehamilan

1. Saat hamil porsi makan perlu ditambah karena ibu hamil "makan untuk berdua"
Mitos. Memang benar Anda makan untuk Anda dan sang bayi, tetapi bukan berarti menambah porsi makan secara berlebihan. Ibu hamil hanya membutuhkan 300 ekstra kalori per hari untuk mendukung pertumbuhan janin (American Congress of Obstetricians and Gynecologist - ACOG) yang kira-kira setara dengan segelas susu dan setengah sandwich.

2. Berbahaya mengecat rambut saat hamil
Mitos. Zat kimia dari cat rambut diserap melalui kulit dalam jumlah sedikit dan tidak berbahaya bagi ibu ataupun janin. Hanya pada beberapa ibu bau menyengat dari cat rambut dapat merangsang mual.

3. Kafein berbahaya bagi ibu hamil
Mitos. Banyak dikatakan kafein dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau berat badan lahir rendah (BBLR). Kenyataannya, tidak ada hubungan antara konsumsi kafein dan kelahiran prematur, keguguran, atau BBLR. Jadi silakan nikmati kopi Anda, tapi tetap dalam batas wajar ya :)

4. Ibu hamil tidak boleh menaiki pesawat terbang
Mitos. Tentu saja ibu hamil boleh terbang. Anda tidak usah mengkhawatirkan ketinggian atau sedikit radiasi yang dapat mengenai Anda saat melalui pemeriksaan sinar X di bandara. Sinar ini tidak banyak memasuki tubuh dan bahkan tidak mengenai janin sama sekali.
Ada beberapa sumber yang menyebutkan ibu hamil boleh menaiki pesawat terbang dengan umur kehamilan maksimal 28 minggu. Tetapi ibu hamil tetap harus memeriksakan kesehatannya sebelum bepergian. Ibu hamil dengan penyakit paru/jantung sebaiknya tidak terbang hingga ketinggian 30.000 kaki.

5. Jauhi ikan saat hamil
Mitos. Konsumsi 2 porsi ikan per minggu dapat menyehatkan ibu dan janin. Ikan salmon atau sarden justru banyak mengandung omega 3, yang baik untuk perkembangan otak dan penglihatan janin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar