Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Senin, 01 Desember 2014

Anatomi Kornea


Dari anterior ke posterior, kornea mempunyai lima lapisan yang berbeda-beda: lapisan epitel (yang bersambung dengan lapisan epitel konjuntiva bulbaris, lapisan Bowman, stroma, membrane Descemet, dan lapisan endotel.
Lapisan epitel mempunyai lima atau enam lapis sel, endotel hanya satu lapis. Lapisan Bowman merupakan lapisan jernih yang tampak amorf pada pemeriksaan mikroskopi electron dan meru[pakan membrane basalis dari endotel kornea. Stroma kornea mencakup sekitar 90% dariketebalan kornea. Bagian ini tersusun dari lamellae fibril-fibril kolagen dengan lebar sekitar 1µm yang saling menjalin yang hamper mencakup seluruh diameter kornea. Lamellae ini berjalan sejajar dengan permukaan kornea dan karena ukuran dan periodisitasnya secara optic menjadi jernih. Lamellae terletakdi dalam suatu zat dasar proteoglikan hidrat bersama dengan keratosit yang menghasilkan kolagen dan zat dasar.
Sumber-sumber nutrisi untuk kornea adalah pembuluh-pembuluh darah limbus, humor aqueous, dan air mata. Kornea superficial juga mendapatkan oksigen sebagian besar dari atmosfer. Saraf-saraf sensorik kornea didapat dari percabangan pertama (oftalmika) dari Nervus kranialis V (trigerminus). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar