Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Minggu, 07 Desember 2014

Mikrodermabrasi: Klasifikasi dan Derajat Kedalaman Peeling

Klasifikasi Peeling
a.             Kimiawi
Peeling ini menggunakan zat kimia seperti asam retinoic, kojic, fenol, untuk pengikis epidermis dan dermis agar terjadi percepatan regenerasi kulit. Pengelupasan kimiawi mengaktifkan perubahan dalam kulit melalui 3 mekanisme yaitu:
1.      Stimulasi dari pertumbuhan epidermis
2.      Menghancurkan lapisan kulit dan menggantikannya dengan jaringan baru hasilnya secara kosmetik lebih baik.
3.      Induksi dari reaksi peradangan yang lebih dalam pada jaringan, disamping nekrosis yang diinduksi oleh bahan pengelupas.
Kerugian dari teknik peeling ini adalah sulitnya mengontrol kedalaman peeling, efek samping kemerahan setelah perawatan, dan penyembuhan yang lama.
b.            Fisik
Peeling ini salah satunya menggunakan radiasi laser sebagai alat untuk pengelupasan kulit. Walaupun alat ini dapat mengelupas lapisan kulit secara terkontrol lapis demi lapis, teknik yang digunakan merupakan teknik yang kompleks, memerlukan penyembuhan yang lama, dan efek samping yang membuat klien tidak nyaman, seperti perasaan terbakar, kemerahan, dan pembengkakan sementara.
c.             Mekanik
Peeling jenis mekanik melakukan perawatan wajah dengan pengikisan/abrasi bagian kulit dengan menggunakan alat khusus yang digosokkan secara lembut di permukaan kulit wajah. Alat khusus tersebut dapat berupa amplas/burs, berlian, atau kristal.

Derajat Kedalaman Peeling
a.             Superfisial
Pengelupasan hanya terjadi di lapisan epidermis kulit atau sekitar 0,06 mm dari atas permukaan kulit. Contoh: peeling kosmetik, frimator, ultrasound, dan beberapa peeling kimiawi (glycolic acid).
b.            Medium
Pengelupasan terjadi sampai lapisan basal dari epidermis atau sekitar 0,45-0,6 mm dari permukaan kulit. Contoh: peeling kimia TCA, kojic acid, dan lain-lain.
c.             Deep
Kedalaman peeling ini mencapai stratum papillare atau retikuler atau sekitar 0,8 mm. Contoh peeling yang dapat melakukan pengelupasan deep adalah fenol, resorcin, laser, dermabrasi amplas/burs.

Continue read:
2. Klasifikasi dan Derajat Kedalaman Peeling